Senin, 19 November 2012

SEJARAH DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW PERIODE MEKAH



      A.    sejarah Nabi Muhammad saw. Periode mekah

Kejahiliyahan (kebodohan) masyarakat arab waktu itu terdapat dalam bidang :
1.      AgamaMasyarakat Arab adalah penyembah berhala. berhala-berhala itu diletakan di Ka’bah
 jumlahnya mencapai 300 lebih. diantara berhala-berhala yang termasyur benamaMaabi, Khuzaah, Hubal, Latta, Uzza, dan Manat.
2.      Moralmasyarakat Arab menjadikan kabilah yang kalah perang menjadi budak,menempatkan perempuan di tempat yang rendah, suka berjudi, dan minum-minumankeras.
3.      HukumMasyarakat Arab menganggap bahwa judi, mabuk-mabukkan, bezina, mencuri,merampok, membunuh bukan merupakan perbuatan yang salah.Melihat kondisi masyarakat Mekah dalam kejahiliahan, rasulullah saw. kuranglebih lima tahun terakhir sebelum kenabian selalu berkhalwat mendekatkan dirikepada Allah Swt. di Gua Hira. tujuannya agar Allah Swt. berkenan member petunjuk dalam menghadapi umat. dalam usia 40 Tahun, bertepatan tanggal 17 Ramadhan 610M, Rasulullah Saw. didatangi malaikat Jibril. dan saat itulah turun wahyu yang pertama Surah Al-Alaq (96:1-5 )

Peristiwa turunnya wahyu pertama tersebut kemudian diperingati sebagai Nuzulul
Qur’an. setelah menerima wahyu Rasulullah saw. mengalami kegelisahan dan
kebingan kemudian dihibur Khadijah dan diyakinkan bahwa beliau akan dijadikannabi dan akan mengangkat derajat kaumnya dari kehinaan menuju kebahagiaan abadi.kurang lebih dua setengah tahun setelah wahyu pertama turun barulah turun wahyu kedua Surah Al-Muddassir (74:1-7)

Setelah turun wahyu yang kedua ini kemudian Rasulullah saw. diawal kenabian periode Makkah adalah sebagai berikut :

1.      Mengajarkan keesaan Allah Swt.
2.       Mengajarkan adanya hari kiamat sebagai hari pembalasan.
3.      Mengajarkan kesucian jiwa.
4.      Mengajarkan persaudaraan dan persatuan.melihat dakwah Rasulullah saw. orang-orang Quraiys berusaha menghentikan denganberbagai cara.

Bebeberapa tindakan (reaksi) orang kafir Quraisy untuk menghentikandakwah Rasulullah saw. adalah sebagai berikut :

1.      Ejekan, hinaan, dan memperolok-olok.perhatikan firman Allah Swt.
        Mereka berkata: "Hai orang yang diturunkan Al Qur'an kepadanya, sesungguhnya kamubenar-benar orang yang gila. (Q.S. Al-Hijr, 15:6)

2.      Menjelek-jelek ajaran Nabi Muhammad saw.
 Dan orang-orang kafir berkata: "Al Qur'an ini tidak lain hanyalah kebohongan yangdiada-adakan oleh Muhammad dan dia dibantu oleh kaum yang lain maka sesungguhnya merekatelah berbuat suatu kezaliman dan dusta yang besar. “(Q.S. Al-Furqaan, 25:4)

3.      Menyodorkan beberapa bentuk penawaran.
4.      Melakukan tekanan fisik.

B. Cara Dakwah Rasulullah saw.

1.      Dakwah Sembunyi-sembunyi.
Lebih kurang selama tiga tahun dimulai dari mengajak anggota keluarga, sahabat, danorang-orang terdekat
 Allah Swt. Memberikan petunjuk tentang cara menyampaikan agama islam kepada umat manusia, yaitu :
a.       Dengan cara sembunyi-sembunyi, sebab orang kafir Quraisy tidak akan senang terhadapagama yang dibawa oleh nabi Muhammad saw.
b.      Lemah lembut jangan sampai menyakiti orang.

2.      Dakwah Terang-Terangan
“ Maka sampaikanlah olehmu secara terang-terangan segala apa yang diperintahkan(kepadamu) dan berpalinglah dari orang-orang yang musyrik.” (Q.S. Al-Hijr, 15:94)
Nabi Muhammad saw. Termenung sejenak memikirkan reaksi keras dari kaumnya,terutama pamannya sendiri Abu Lahab,. Kemudian turun wahyu yang menerangkan bahwa yang celaka Abu Lahab sendiri. (Q.S. Al-Lahab, 111:1-5)
Dengan cara mengumpulkan Bani Hasyim, orang-orang Quraisy kemudian diatas Bukit Safa
Rasulullah saw. Menyampaikan dak’wah mengajak kepada tauhid, iman
kepada Allah Swt.,iman kepada hari kiamat, menantang kurafat dan kemusyrikan, menjelaskan kedudukan berhalayang tidak dapat memberi manfaat atau mudarat. Menyadarkan mereka untuk tunduk dan pasrah total Kepada Allah Swt. Dakwah Rasulullah saw. Yang terang-terangan ini mendapat  tentangan yang sangat hebat.

C.Orang-Orang yang Pertama Kali Masuk Islam

Dakwar Rasulullah saw yang sembunyi-sembunyi berhasil membuat beberapa orangmasuk Islam yang disebut As-Sabiqunal Awwalun (yang pertama dan terdahulu) masuk Islam. Mereka itu adalah : Khadijah binti Kuwailid (istri Rasulullah saw.) Ali bin Abi Talib,Zaid bin Harisah, dan Abu Bakar As-Sidiq.
Kemudian menyusul Umar bin Affan, Zubair bin Awwan, Abdul Rahman bin Auf, Sa’ad
bin Abi Waqas, dan Thalhah bin Ubaidillah yang kesemuanya hasil dakwah Abu Bakar as-Sidiq. Kemudian menyusul Bilal bin Rabah, Abu Ubaidillah, Amir bin Jarrah, Abu Salamahbin Abdul Asad, Al Arqam bin Abil Arqam, dan lain-lain. Rumah Al Arqam bin Abil Arqamdijadikan pusat pengajaran Al-
Qur’an.


D.Misi Dakwah Nabi Muhammad saw.

Dengan kesabarannya, Rasulullah saw. Mendapat pengiku walau baru beberapa orangyang masuk agama Islam. Perjuangan dakwah ini membutuhkan waktu yang lama untuk membentuk manusia yang beriman kepada Allah Swt.Setelah diperjuangkan oleh Rasulullah saw. Selama lebih kurang 13 tahun di Mekah,islam menjadi agama pilihan orang-orang di Jazirah Arab. Kedatangan islam di Jazirah Arabbenar-benar menjadi rahmat bagi Bangsa Arab. Mereka yang tadinya bercerai-berai salingbermusuhan berhasil diastukan oleh satu tujuan mulia, yaitu Dinul Islam. Selama lebihkurang 23 tahun agama Islam disebarkan oleh Nabi Muhammad saw. Dengan pengorbananyang luar biasa. Rasulullah saw. Berjuang dengan jiwa, tenaga, dan hartanya demi keyakinanIslam. Islam menjadi Agama yang sempurna sebagaimana yang dinyatakan oleh Allah Swt.Dalam Firman-Nya :
 

.Artinya: Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni'mat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.
 (Q.S. Al-Maidah, 5:3)



Islam adalah agama yang sempurna karena sebagai berikut.

1.      Agama Islam merupakan agama untuk seluruh manusia,. Berbeda halnya denganagama samawi sebelumnya, terbatas hanya untuk satu kaum saja.
2.      Ajaran Islam meliputi semua aspek kehidupan.
3.      Agama Islam berfungsi sebagai Rahmatan lil alamin.Dengan ayat tersebut, misi atau dakwah Nabi Muhammad saw. Untuk menyampaikanIslam telah selesai. Nabi Muhammad saw. Menerima wahyu terakhir itu satu tahun sebelumbeliau melakukan haji wada’ (haji perpisahan) yang diikuti oleh lebih kurang 100.000 kaummuslimin. Dihadapan  ratusan ribu jamaah itu Rasulullah saw. Mengucapkan pidato mahapentingdan mempunyai nilai-nilai bagi kaum muslimin.Menurut ahli sejarah, ayat tersebut merupakan wahyu terakhirnya yang diturunkankepada Nabi Muhammad saw. Setelah ayat itu dibacakan oleh Nabi Muhammad saw. Abu Bakaras-Sidiq menangis. Lalu Nabi Muhammad saw. Bertanya tentang apa yang menyebabkannyamenangis. Abu Bakar As-Sidiq menjawab bahwa sesuatu yang telah sempurna tidak ada lagi yang ditunggu, kecuali kekuarangannya. Jawaban Abu Bakar As-Sidiq itu dibenarkan olehRasulullah saw.Setelah turunya ayat tersebut, tidak lama kemudian beliau wafat. Selama lebih kurang 23tahun beliau menunaikan tugas sebagai Rasul. Menyampaikan berita gembira dan membawa peringatan untuk semua mahluk di dunia ini.

E.Manfaat dari Dakwah Rasulullah saw. Di Makkah.

Beberapa manfaat yang dapat kita ambil dari dakwah Rasulullah saw. adalah sebagaiberikut.
1.      Iman kepada Allah Swt. Yang kuat dan beramal kebaikan.
2.      Tanggung jawab dan cita-cita yang mulia untuk berdakwah.
3.      Ketabahan dan keteguhan hati (bersabar)

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Fika Fikkuku. Design By: SkinCorner